Search This Blog

Wednesday, December 27, 2023

Yuk Cek 7 Tip Perawatan Motor agar Liburanmu Tambah Asyik!

yuk-cek-7-tip-perawatan-motor-agar-liburanmu-tambah-asyik

Alhamdulillah, kita bertemu dengan liburan sekolah yang cukup panjang. Kalau di Bandar Lampung, sekolah rata-rata sudah libur di tanggal 16 Desember 2023. Yups, tanggal 15 Desember kemarin, anak-anak sekolah bagi raport. Selamat ya pada kalian semua. Semoga pencapaian tahun ini jadi motivasi belajarmu tahun depan. Dan, kalian bisa liburan dengan bahagia.

Okey, ngomongin tentang liburan, kita pasti teringat dengan pantai, kulineran di tempat nyaman, taman bermain, atau sekedar pulang kampung untuk bertemu keluarga. Wah, aku pun senang banget pas liburan ini. Apalagi, aku sudah tahu hal penting tentang perawatan motorku agar bisa jalan-jalan bareng keluarga dengan aman.

Tip Perawatan Motor agar Liburanmu Tambah Asyik

Nah, sekarang yuk cek 7 tip perawatan motor agar liburanmu tambah asyik! Nanti, kamu juga bisa cek tempat perawatan motor Planet Ban terdekat, agar sepeda motormu tetap dalam kondisi prima saat liburan.

yuk-cek-tip-perawatan-ban-motor-agar-liburanmu-tambah-asyik

Cek Kondisi Ban Motor

Penampilan yang elegan pada motor akan makin sempurna saat ban motor dalam kondisi baik. Apalagi, ban motor merupakan komponen vital yang harus dijaga. Nggak hanya dilihat tampilan luar dari ban motor, tapi juga kita harus cek apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban yang bergelombang.

JIka ban motor baru diganti, kita bisa memeriksa tekanan udara pada ban dalam kondisi normal sebelum melakukan perjalanan.

Saat kita mengecek kondisi ban dan terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, maka sebaiknya kita segera mengganti dengan ban baru. Kita dapat melakukan pergantian ban baru di Planet Ban terdekat dari rumah. Sebagai informasi, Planet Ban menyediakan ban baru dari berbagai merek sesuai kebutuhan motor kita.

yuk-cek-service-motor-rasa-mesin-baru-agar-liburanmu-tambah-asyik

Cek Kondisi Rem

Kamu pasti pernah merasa nggak nyaman kalau rem motormu kondisinya tidak prima. Ya kan? Selain berbahaya bagi dirimu, kondisi rem yang tidak baik itu juga berbahaya bagi orang lain.

Untuk itu, mengecek rem adalah sangat penting demi keamanan berkendara dalam perjalanan. Kita perlu mengecek komponen pengereman, agar kondisinya baik selama perjalanan. Tanda kampas rem perlu diganti adalah saat kita injak, rem motor sudah terlalu dalam. Begitu pun saat tuas ditekan atau diinjak, kondisi rem motornya sudah terlalu dalam.

Kita bisa mengecek tanda keausan pada rem secara manual. Caranya adalah dengan menggunakan indikator penunjuk yang ada di setiap dinding tromol. Bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti, saat dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada. Kita bisa melihat ketebalan dari kampas atau piringan rem pada rem cakram. Pengecekan ini dilakukan untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan liburan.

Cek Kondisi Oli Mesin

Selanjutnya adalah pengecekan oli mesin motor. Kita sebaiknya mengganti oli mesin motor dengan yang baru saat akan melakukan perjalanan jauh. Kita harus yakin bahwa oli yang digunakan dapat digunakan untuk perjalanan yang jauh. Selain itu, kita juga perlu mengetahui kandungan yang ada pada oli mesin motor.

Kenapa? Karena kandungan ester pada oli dapat menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Suhu mesin motor pun akan tetap stabil selama perjalanan jauh. Cocok banget buat berkendara selama liburan yang panjang ini.

Nah, kita bisa memilih oli dengan kandungan ester untuk mesin motor dengan harga terjangkau. Planet Ban menyediakan Oli eksklusif, oli X-Ten yang memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin stabil walaupun dalam torsi yang tinggi. Keunggulan lainnya adalah dengan menggunakan oli X-Ten ini, motor dapat digunakan hingga 5000 kilometer. Mantap ya!

Cek Kondisi Aki Motor

Lalu, perawatan yang cukup penting adalah pengecekan aki motor. Komponen ini penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Sehingga, pengecekan aki motor, wajib dilakukan saat akan melakukan perjalanan jauh selama liburan.

Bagi kamu yang menggunakan aki basah, sebaiknya cek kondisi air aki sebelum perjalanan. Lalu, kita harus memeriksa kondisi aki, apakah bocor, karat, atau rusak. Saat kondisi tersebut terjadi, sebaiknya aki segera diganti dengan yang baru.

Jika kamu nggak tahu caranya, kamu bisa kunjungi Planet Ban untuk melakukan pengecekan atau menghubungi layanan konsultasi Planet Ban. Layanan ini Gratis lho!

yuk-cek-7-tip-perawatan-motor-agar-liburanmu-tambah-asyik

Cek Sistem Pendingin

Mengecek kondisi bagian sistem pendingin adalah perawatan yang sering terlewati. Komponen ini berada di bagian motor yang tidak dapat terlihat secara langsung. Padahal masalah yang timbul pada sistem pendingin dapat menimbulkan overheat pada mesin.

Untuk itulah, kamu perlu mengecek kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator sebelum melakukan perjalanan. Kita harus memeriksa kondisi coolant tersebut, apakah cukup dan mampu menjaga temperatur mesin agar tetap prima selama berkendara saat liburan.

Cek kondisi Busi

Pemeriksaan komponen busi adalah perawatan yang nggak boleh dilupakan. Kita wajib membersihkan busi saat busi motor terlihat kotor. Lalu, kita wajib mengganti busi dengan yang baru saat busi sudah dalam kondisi aus.

Kita perlu menjaga kondisi busi motor, agar sistem pengapian bekerja dengan optimal. Jangan sampai, perjalanan kita terkendala, karena mesin motor tidak dapat distarter. Ya, kan? Jadi, perawatan komponen busi sebelum melakukan perjalanan liburan pun wajib dilakukan.

Cek CVT dan Rantai Sepeda Motor


Pengecekan yang nggak kalah pentingnya adalah pemeriksaan pada komponen CVT untuk motor matic dan rantai pada sepeda motor jenis moped/ bebek dan sport. Fungsi dari mesin penggerak ini adalah melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda.

Kinerja tenaga sistem penggerak yang dihasilkan oleh mesin akan sempurna saat penggerak pada CVT atau rantai motor kondisinya baik. Untuk menjaga kondisi komponen CVT atau rantai roda ini sebelum perjalanan liburanmu, kamu perlu melakukan servis komponen ini. Tujuannya adalah agar perjalanan liburanmu bebas masalah.

yuk-cek-7-tip-perawatan-motor-agar-liburanmu-tambah-asyik
Silakan klik gambar untuk konsultasi gratis ya..

Perawatan Motor agar Liburanmu tambah asyik!


Perjalanan liburan bersama keluarga pastilh menyenangkan. Apalagi, saat kendaraan yang kita gunakan terasa nyaman dan lancar.

Untuk itu, Planet Ban memberikan solusi dengan pelayanan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor. Kamu bisa datang langsung ke Toko Planet Ban yang terdekat di kotamu. Selain menyediakan ban motor dan spare part berkualitas, Planet Ban juga memberikan layanan Servis Rasa Baru. Layanan ini dapat meningkatkan kinerja sepeda motor milik kamu seperti sepeda motor baru.

Oya, kamu juga bisa melakukan konsultasi bersama mekanik handal Planet Ban. Konsultasi kondisi motor anda ini tanpa biaya alias Gratis.

Dan, ini link konsultasinya ya. https://bit.ly/KonsultasimotorPB

So, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi Planet Ban terdekat di kotamu!

22 comments:

  1. Wah, terima kasih kak info tipnya. Kebetulan sering berkendara pakai motor. Jadi tahu kalau harus cek motor dulu dan bisa konsultasi gratis di Planet Ban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Sama2. Di planet ban juga bisa ganti ban atau spare part motor..

      Delete
  2. Saya baru tahu kalau perawatan motor harus berkala. Biasanya tahu beres aja dari paksu. Dan, Planet Ban bisa untuk servis juga ya? Wah, terima kasih, kak infonya. Ntr, cek motor selanjutnya coba ke planet ban aja..

    ReplyDelete
  3. Planet Ban ini langganan paksu buat ganti ban motor nih, ternyata lengkap ya tersedia pelayanan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part juga, kerennnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Kak. planet ban bisa jadi solusi masalah motor..

      Delete
  4. Kayaknya yang aku pahami dari perawatan motor cuma bagian ban sama olinya aja deh. Kalau masalah yang lain buta banget. Tapi untungnya bisa konsul gratis ya di planet ban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Aku juga gitu hehe. Untungnya ada solusi di planet ban..

      Delete
  5. Perawatan motor matic itu gampang kalau rutin servicenya, yang paling harus rutin ganti oli. Di Planet Ban mudah banget ganti olinya

    ReplyDelete
  6. motor matic emang perlu disanya-sayang, kalau perawatannya lengkap akan semakin seru keliling kota

    ReplyDelete
  7. Nggak perlu nunggu liburan dulu memang kendaraan harus dicek dan diservis rutin ya. Biar nggak pas mau dipakai jauh eh tiba-tiba ada masalah. Karena teman pernah mengalami begitu.

    ReplyDelete
  8. Artikel yang sangat bagus. Memang kewajiban kita merawat sebelum dirawat, jd walau tidak menjelang liburan ada baiknya kita rutin melakukan perawatan. Dan artikel ini memberikan solusi untuk kita.

    ReplyDelete
  9. Meskipun liburan udah usai, berkendara emang harus aman. Jadi, perawatan motor kudu dilakukan ya, mbak. Terima kasih..aku jadi tahu di planet ban bisa kasih solusi perawatan motor.

    ReplyDelete
  10. Aku juga langganan planet ban dari lama, awalnya karena cari cari ban matic, ternyata di sana gak cuma bisa ganti ban ya mbak, tapi juga bisa service dan spare paritnya cukup lengkap

    ReplyDelete
  11. Terima kasih infonya. Perawatan berkala seperti ini penting agar terhindar dari servis besar yang jatuhnya bisa lebih mahal

    ReplyDelete
  12. Sekarang Planet Ban bisa konsultasi online secara gratis ya Kak? seneng banget kalau kayak gini. Apalagi kalau liburan dan bepergian pakai motor. Sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. Bisa lebih hemat ya kalo olinya bisa dipake buat 5000 km? Duh, kadang suka lupa udah berapa km motornya jalan

    ReplyDelete
  14. tips perawatan motor seperti ini bakal bermanfaat banget pastinya buat para pemilik kendaraan, pastinya juga kendaraan bakal jauh lebih awet dan aman saat digunakan, jadi liburannya jadi tambah asik niy

    ReplyDelete
  15. Memang harus rajin dicek ya kesehatan motor kita. Aku pernah pulang belanja barang malam-malam, motor tiba2 bunyi krek krek gitu. Langsung deh berhenti sebelum kenapa-napa. Motor dititipin di rumah teman, aku pulang pinjam motor dia.
    Besoknya motor diambil, langsung ke bengkel, ternyata belt / CVT hampir putus. Untung semalam langsung berhenti. Kalau dipaksa jalan terua dan putus di tanjakan, wah, bahaya banget.

    ReplyDelete
  16. Wah Planet Ban ternyata tak hanya melayani soal ban aja ya. Tapi perawatan motor yang lengkap juga bisa dilakukan di situ. Motor jadi lebih awet dan nyaman dikendarai kalau rajin merawat motor ya

    ReplyDelete
  17. Saya senengnya Planet Ban itu ada dimana-mana dan data kita tersimpan dengan otomatis.

    ReplyDelete
  18. Saya pernah punya pengalaman pahit soal busi nih. Motor mogok di tengah jalan, dilihat bensinnya masih utuh, aki masih bisa. Terpaksa buka kap motor di jalan, eh rupanya businya dah kotor.

    ReplyDelete
  19. Untuk aki saya yang paling krusial. Harus sering dicek saat ke bengkel, jangan sampai kecolongan, kalau sampai, wiih biaya gantinya itu lho, mahal banget

    ReplyDelete